WHEN YOUR JOB ISN’T YOUR CAREER, WHAT WILL YOU DO?

Saat ini mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat, jurusan kuliah, maupun passion sangatlah tidak mudah. Terkadang rencana dan impian karir yang sudah kita susun lama seringkali tidak bisa terwujud dalam waktu yang singkat. Butuh banyak usaha dan pengalaman di dalamnya. Banyak orang yang terpaksa harus memutar haluan mengenai rencana mereka karena terhambat beberapa hal, seperti kurangnya lowongan pekerjaan yang relate dengan keahliannya maupun karena persaingan yang ketat, sehingga mengharuskan mereka untuk terjun di dunia baru dan survive di dalamnya.  Nah, jika kamu didalam posisi yang seperti ini apa yang harus kamu lakukan?

  1. Be a professional

Meskipun kamu bekerja tidak sesuai dengan minat dan keahlian namun kamu diharuskan untuk tetap profesional dalam bekerja. Ketika atasan memberikan pekerjaan yang banyak dan harus selesai dalam waktu yang cepat, kamu harus tetap mengerjakan tugas tersebut sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan. Apapun latar belakang pendidikanmu, ketika kamu sudah di dunia kerja kamu harus membuat dirimu layak untuk mengemban jabatan tersebut.

  1. Manfaatkan kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru

Tanpa kamu sadari ketika kamu sudah terjun di pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat dan karir, kamu mendapatkan hal-hal baru yang sebelumnya tidak kamu dapatkan di lingkungan minatmu. Memang tidak mudah untuk mempelajari hal baru, namun jika kamu meyakinkan diri untuk bisa beradaptasi dengannya, pasti kamu akan lebih berkembang dan banyak manfaat yang dapat kamu ambil dari dunia yang baru kamu jalani.

  1. Pantang menyerah

Melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan keinginan seringkali membuat seseorang menjadi terpuruk dan pesimis. Hindarilah sikap seperti ini. Meskipun dunia yang kamu terjuni masih baru dan kamu masih dalam tahap belajar, tetap kamu harus yakin bahwa kamu bisa menjalaninya dengan baik dan siap menghadapi segala kendala yang akan terjadi.

  1. Membangun networking 

Berada di pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat tidak berarti membuat kamu untuk menutup diri dari lingkungan pertemanan di kantor, namun ini merupakan sebuah peluang kamu untuk membangun networking. Sering-seringlah meminta bantuan atau memberikan bantuan kepada rekan kerja. Mereka secara tidak langsung akan membagikan ilmu dan informasi baru yang bisa menambah wawasan kamu. Mereka juga akan menghargai apapun yang kamu lakukan selama itu positif. 

  1. Menghargai diri sendiri

Ketika kamu berhasil mengerjakan suatu pekerjaan dengan baik, tak ada salahnya kamu memberikan reward atau penghargaan untuk diri sendiri. Ini merupakan bentuk menghargai diri sendiri atas usaha yang telah dikerjakan, sehingga kamu akan terus semangat dalam menjalani pekerjaan saat ini. Karena tidak mudah menyelesaikan pekerjaan yang tidak sesuai keinginan dengan baik. Reward yang bisa kamu lakukan sebagai apresiasi diri sendiri contohnya adalah refreshing, travelling, atau me time

Beberapa cara di atas semoga bisa membantu ketika kamu jika pekerjaan yang kamu lakukan tidak sesuai dengan impian kamu. Tetap optimis dengan apa yang kamu jalani sekarang karena tidak ada yang tidak mungkin bila sesuatu yang kamu kerjakan itu sangat berguna untuk kehidupanmu kelak. Banyak manfaat-manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan ketika kamu di posisi yang seperti ini jika kamu berhasil survive di dalamnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment