Pernah dengar tentang LinkedIn?

Apakah kamu sudah memiliki akun LinkedIn?

Sudahkah kamu menggunakannya dengan benar?

LinkedIn Do's and Don'ts

LinkedIn merupakan situs web jejaring sosial yang digunakan untuk menemukan pekerjaan maupun internship. Dengan LinkedIn kamu bisa membuat profil profesional secara online yang membantu kamu untuk berhubungan dengan orang lain, berbagi latar belakang profesional online, mempelajari keahlian-keahlian yang sesuai dengan passion, dan mendapatkan informasi terbaru yang berhubungan dengan profesi kamu. Nah apa sih yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam menggunakan LinkedIn?

  • Do connect with people you are friends during school, college, and work, but don’t connect with people you don’t know or profile untrusted profilies.

LinkedIn memang dipergunakan untuk menjalin networking antar pengguna mengenai urusan pekerjaan dan bisa juga dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan diri dalam mendapatkan pekerjaan atau naik ke jenjang karir yang lebih tinggi, namun ada baiknya kamu lebih banyak berhubungan dengan orang-orang yang sudah kamu kenal sebelumnya seperti teman semasa sekolah, kuliah, maupun kerja. Kamu harus lebih berhati-hati dengan jaringan koneksi yang terhubung denganmu di LinkedIn. Hindari berhubungan dengan orang-orang yang tidak kamu kenal dan profilnya tidak jelas. Sebaiknya kamu tidak begitu saja mengirimkan atau menyetujui permintaan untuk saling terhubung dengan orang yang tidak kamu kenal, karena untuk menghindari tindak kejahatan seperti mencuri data-data penting atau memanfaatkan kita untuk melakukan penipuan. 

  • Do update any kind of your positive progress from your organization, but don’t update personal information.

Update akun LinkedIn kamu dengan informasi-informasi di LinkedIn mengenai pekerjaan, organisasi, atau kegiatan-kegiatan positif yang kamu lakukan. Ceritakan bagaimana perkembangan dari kegiatan-kegiatan positifmu, apa yang kamu dapatkan dari mengikuti aktivitas tersebut, dan hal-hal positif lainnya yang bisa menginspirasi banyak orang. Jangan update tentang informasi pribadi kamu seperti alamat rumah, nomor rekening, nomor telepon, atau hal-hal yang sama sekali tidak berhubungan dengan pekerjaanmu. Karena ingatlah LinkedIn adalah situs jejaring sosial profesional. 

  • Do post relevant contents that would give value to readers, but don’t post negative story without explaining the root cause or giving constructive feedback

Sering-seringlah memposting konten atau informasi yang bermanfaat bagi orang lain daripada memposting informasi yang negatif apalagi jika itu tidak benar adanya dan memancing keributan orang. Jika rajin memposting hal yang positif, kamu akan meninggalkan kesan positif kepada recruiter, sehingga peluang karirmu akan lebih lebar. Selain itu, kamu juga sebaiknya rutin memperbarui profil di LinkedIn untuk menunjukkan perkembangan karir mu.

  • Do share valuable contents, but don’t share personal feeling without considering the impact to others

Jangan pernah membagikan keluh kesahmu atau curhatan di LinkedIn, terutama jika berhubungan dengan pekerjaan. Seburuk apapun kondisi di tempatmu bekerja, entah karena faktor lingkungan, atasan, atau rekan kerja, lebih baik tidak kamu share di LinkedIn. Selain tidak etis, tetapi  juga membuatmu menjadi terlihat tidak profesional. Jika ada informasi yang sekiranya sesuai dengan pekerjaanmu ada baiknya kamu share di LinkedIn, entah itu informasi dari internet, buku, seminar, atau cerita dari orang-orang hebat yang kamu kenal.

  • Do reply any messages to build and nurture your connections, but don’t reply suspicious messages from untrusted source

Jika ada pesan atau komentar di postingan kamu yang membangun atau memberikan kritik dan saran mengenai pekerjaanmu, ada baiknya kamu membalasnya. Ini akan berdampak positif pada pekerjaan dan karir, selain kamu mendapatkan informasi baru tetapi juga kamu akan mendapatkan koneksi dengan orang banyak. Namun jangan pernah membalas pesan mencurigakan dari sumber yang tidak jelas. Apalagi jika ada komentar yang menjatuhkan kamu, lebih baik kamu hapus karena akan berpengaruh ke mental dan fisik jika kamu tidak bisa mengendalikannya.

Leave a Comment