Terkadang kita mempertanyakan mengapa orang yang kaya dan memiliki banyak uang selalu bisa mempertahankan kekayaannya, bahkan semakin sukses dengan apa yang mereka lakukan?

Tahukah kalian ternyata orang-orang kaya memiliki prinsip dan cara agar mereka tetap bisa bertahan dan terus mengembangkan kekayaannya. Padahal mereka belum tentu pintar dari orang-orang biasa, namun mereka memahami bagaimana untuk menjadi lebih dari orang lain dan mempunyai prinsip yang membuatnya terus melangkah untuk membangun kekayaan. Nah, apa saja alasan dibalik orang kaya yang terapkan di hidupnya untuk menjadi lebih kaya?

  • Selalu menempatkan Highly Value pada waktu yang dimilikinya

Orang-orang kaya biasanya selalu menggunakan waktunya untuk melakukan sesuatu yang dapat membuahkan hasil yang besar dan kompensasi yang lebih tinggi. Mereka selalu mencari cara untuk bisa menumbuhkan kekayaannya. Biasanya mereka sangat jeli dan teliti dalam melihat serta memanfaatkan peluang yang ada. Maka dari itu waktu sangatlah berharga bagi mereka, dan dalam waktu itu mereka terus berusaha dengan keras, membuat ide-ide brilian, dan selalu terbuka dengan perubahan positif.

  • Berani keluar dari zona nyaman

Orang-orang kaya memahami bahwa satu-satunya cara untuk benar-benar meningkat adalah dengan mendorong diri untuk melampaui batas atau keluar dari zona nyaman. Mereka sukses karena belajar bahwa kesuksesan itu akan datang bila mereka sedikit merangkul ketidaknyamanan. Mereka terus memacu semangat untuk selalu kreatif dalam menghasilkan ide-ide bisnis yang unik dan berani mengambil resikonya. 

  • Network with other successful people

Better connections can lead to greater opportunities. Orang-orang kaya memahami pentingnya bergaul dan berteman dengan orang-orang sukses lainnya. Mereka selalu menghabiskan waktu dengan orang lain yang kaya tetapi juga memiliki dorongan, bakat, dan yang paling penting mempunyai potensi untuk menjadi sangat sukses. Biasanya orang-orang seperti menghabiskan waktu setiap bulan untuk mengenal orang-orang yang memiliki pikiran sama di konferensi, acara dan pertemuan, atau hanya minum kopi dengan seseorang yang menarik.

Ini merupakan waktu yang diinvestasikan dengan bijak, karena membuat pikiran mereka fokus pada kesuksesan dan membantu mereka bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki ide-ide segar dan menggugah pikiran. 

  • The rich can leverage people to produce more output

Orang-orang kaya memilih untuk mempekerjakan banyak orang untuk membantunya mengerjakan pekerjaan rumah seperti membersihkan rumah, mencuci, memasak, merawat taman, dan pekerjaan-pekerjaan rumah lainnya. Sehingga mereka dapat menggunakan waktu yang seharusnya untuk pekerjaan rumah menjadi menggunakannya untuk melakukan pekerjaan utamanya.

Waktu yang lebih tersebut mereka manfaatkan sebaik-baiknya untuk menambah pundi-pundi kekayaan, entah itu dengan mengelola bisnis atau membuat proyek besar. Dan di dalam bisnis atau proyek yang dikerjakannya pun mereka juga akan merekrut banyak karyawan. 

  • Menghindari overspending

Orang-orang kaya memiliki prinsip bahwa semakin sedikit membelanjakan uang yang dimiliki maka akan semakin menambah kekayaannya. Mereka cenderung lebih hemat daripada orang kelas menengah, mereka akan membelanjakan uangnya untuk hal-hal yang berguna dan memilih untuk menginvestasikan hartanya untuk jaminan masa depan.

Biasanya mereka berani mengeluarkan banyak uangnya untuk melakukan sesuatu yang dapat menghasilkan lebih banyak uang daripada menghabiskan uangnya untuk membeli mobil atau rumah mewah. Orang yang sering menghamburkan uangnya untuk hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan atau hanya agar terlihat kaya akan cepat jatuh miskin dan tidak akan bertahan.

Leave a Comment