5 KEBIASAAN INI HANYA DILAKUKAN OLEH ORANG YANG MEMILIKI KEPERCAYAAN DIRI TINGGI, APA SAJA?

Belajar menjadi percaya diri sangat penting, tetapi apa yang dilakukan orang yang benar-benar memiliki kepercayaan diri tinggi yang membedakan mereka dari orang lain sehingga mereka menjadi orang yang sukses? 

  1. They don’t judge other people

Orang yang percaya diri tidak perlu menghakimi dan mencampuri urusan orang lain, karena itu tidak relevan dengan kehidupan mereka. Orang yang memiliki rasa percaya diri lebih suka melakukan sesuatu dengan berusaha sendiri sampai berhasil tanpa harus mencemaskan orang lain karena mereka yakin bisa menyelesaikannya dengan baik. 

Ketika tipe orang seperti ini berhasil akan kerja kerasnya, ia akan mengklaim bahwa kesuksesannya adalah milik mereka sendiri. Maka dari itu, mereka tidak akan sibuk mencari celah kelemahan dan kegagalan orang lain apalagi sampai menjatuhkannya, karena mereka sudah cukup nyaman dengan diri mereka sendiri. Orang yang suka menghakimi orang lain sebenarnya adalah orang yang diam-diam mencemaskan tentang dirinya sendiri.

  1. A great listener

Orang yang kurang percaya diri cenderung lebih banyak berbicara daripada mendengarkan orang lain. Namun berbeda dengan orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, ia lebih nyaman ketika harus mendengarkan orang lain karena bisa mendapatkan informasi dan wawasan baru dari orang tersebut daripada harus berbicara mengenai pencapaian dan kesuksesannya kepada orang lain. Ketika diharuskan berbicara pun mereka akan memikirkan apa yang akan disampaikan dua kali agar tidak salah bicara sekaligus terjebak dengan sebuah pertanyaan.

  1. Berbicara dengan penuh keyakinan

Memang orang yang memiliki rasa kepercayaan diri tinggi lebih nyaman mendengarkan daripada berbicara dengan orang lain. Namun, ketika orang-orang seperti ini berbicara, mereka akan berbicara dengan penuh keyakinan dan tegas. Mereka tidak akan mengucapkan kalimat seperti, 

“Saya gak yakin sih, sepertinya….”

“Katanya tuh kalau kamu….”

“Umm….”

Tetapi mereka akan mengatakan sesuatu dengan yakin dan paham tentang apa yang ia ucapkan.

Cara berbicara mereka pun biasanya menggunakan kata-kata yang positif dan bisa membawa dampak yang baik untuk orang lain. Sehingga tak jarang jika ketika berbicara dengan orang yang seperti ini, kita akan nyaman dan merasa terinspirasi dengan apa yang ia katakan.

  1. Fokus pada hal yang positif

Orang yang percaya diri biasanya sering mensugesti dirinya sendiri untuk selalu berpikir positif. Sehingga pasti akan mempengaruhi kebiasaannya di kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, mereka selalu melakukan hal-hal yang positif dan menghindari yang negatif.

  1. Berani keluar dari zona nyaman

Seseorang yang memiliki kepercayaan diri tidak takut melakukan hal-hal yang membuat mereka tidak nyaman. Karena mereka sendiri tidak akan membiarkan rasa takut menghalangi usaha dan pencapaiannya. Mereka tau bahwa tidak ada hal hebat yang dapat dicapai jika hanya berada di zona nyaman saja. 

Tidak ada suatu keberhasilan dan prestasi yang datang dengan instan. Perlu banyak usaha dan kerja keras sehingga terkadang harus keluar dari zona nyaman. Walaupun tidak mudah untuk menyesuaikan ke zona yang baru, namun dengan usaha yang maksimal pasti semua akan berjalan dengan lancar.

Leave a Comment