Setiap orang harus siap menghadapi tekanan, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial. Di tempat kerja, tekanan ini sering dalam bentuk tenggat waktu yang ketat, tuntutan dari atasan, masalah kinerja karyawan, dan hambatan lain yang menghalangi untuk melakukan pekerjaan. Seringkali ketika kita mendapat tekanan seperti ini kita mengalami stress karena merasa tertekan dan memiliki beban yang besar. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik ketika bekerja dibawah tekanan!

HOW TO GET BETTER AT WORKING UNDER PRESSURE?
  • Selalu fokus

Hindari berpikir negatif yang dapat membuat kamu dalam kondisi khawatir yang tidak perlu. Jangan berpikiran bahwa kamu tidak akan mungkin bisa untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, tapi selalu ingatlah bahwa kamu pernah berhasil di posisi dan tantangan yang sama, sehingga kamu juga harus bisa berhasil di situasi yang ini juga. Tetap fokus pada pekerjaan tersebut dan hindari sesuatu yang dapat mengganggu konsentrasimu.

  • Buatlah rencana

Rencana yang kamu susun di awal mungkin saja bisa berubah atau bahkan gagal, Nah kamu jika dalam keadaan seperti ini harus mampu dan siap untuk mengubah jalur atau rencana itu tadi dengan cepat dan akurat. Jadi kamu harus mempersiapkan beberapa rencana pemulihan atau cadangan ketika pertama kali mulai merencanakan suatu hal di masa depan. Pikirkan alternatifnya meskipun mungkin nantinya kamu tidak akan membutuhkannya, setidaknya alternatif ini bisa membantu kamu ketika ada hal-hal yang tidak terduga datang.

  • Jangan menunda pekerjaan

Combat procrastination and reduce the need to work under time pressure. Jika sudah tau apa yang harus dilakukan, maka lakukan sesegera mungkin. Terkadang orang merasa tertekan ketika mereka berurusan dengan hal-hal yang penting bagi perusahaan, namun mereka tidak punya banyak waktu untuk dirinya sendiri. 

Penundaan berbeda dengan kemalasan. Jika kamu menunda, kamu fokus pada tugas lain namun harus mengorbankan tugas yang sedang dikerjakan. Namun kemalasan adalah kelambanan, sikap apatis, yang disebabkan oleh keengganan untuk bertindak. Untuk menghindari penundaan, buatlah list atau daftar tugas yang paling penting dan urgent, kemudian selesaikan tugas tersebut pada hari itu juga sesegera mungkin.

  • Do it slowly and accurately and work under time pressure will become more enjoyable

Daripada kamu bekerja dibawah tekanan dengan perasaan yang buruk, stress, merasa berat, dan bosan, lebih baik kamu melakukan tindakan yang sebaliknya. Lakukan break selama 15 menit ketika di tengah bekerja. Berkeliling kantor sebentar, pergi keluar, mengatur nafas, bermeditasi atau pun beristirahat sejenak dapat membuatmu setidaknya mengurangi tekanan yang kamu rasakan. Kebiasaan break selama 15 menit bisa bantu kamu loh untuk mendapatkan energi dan ide-ide baru.

Tekanan adalah bagian alami dari lingkungan kerja. Tekanan menciptakan stres, mengarah pada keputusan yang tergesa-gesa, dan secara keseluruhan berdampak pada kinerja dan kesehatan kerja kita. Semoga beberapa tips di atas dapat membantu kamu untuk tampil lebih baik ketika bekerja dalam tekanan karena dengan memiliki kebiasaan mental yang baik akan mudah menangani situasi seperti ini. 

Leave a Comment