BAGAIMANA STRATEGI YANG TEPAT UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS?

Brand awareness sangat penting bagi semua jenis bisnis, karena dengan memperhatikan brand awareness ini secara tidak langsung berdampak pada konsumen yang membeli produk dari bisnis tersebut untuk pertama kalinya sekaligus membuatnya menjadi konsumen tetap. Semakin sering brand kita dibicarakan, maka semakin familiar pula brand ini nanti di benak konsumen. Jika hal seperti ini terus berlanjut, calon konsumen akan semakin percaya pada kualitas brand kita. Dan pada akhirnya, konsumen akan tergerak untuk membelinya.

Orang-orang akan lebih mungkin membeli barang atau memakai jasa dari nama yang mereka percaya dan mudah dikenali, misalnya dari logo dan tagline bisnisnya. Selain itu, jika mereka puas dengan brand kita, kemungkinan besar mereka akan memberi tahu orang lain mengenai brand kita yang tentu saja akan sangat membantu brand kita menjadi lebih berkembang. 

Nah, bagaimana cara kita untuk meningkatkan brand awareness agar menambah nilai dari produk yang kita ciptakan sehingga banyak konsumen yang tertarik? Berikut adalah 6 strategi yang bisa kamu lakukan!

  1.  Bermitra dengan perusahaan yang sudah dipercaya oleh orang banyak 

Jika brand kita memiliki peluang untuk bekerja sama dengan brand terkenal dan terpercaya maka lebih baik kita menerimanya. Karena orang-orang akan mulai mengasosiasikan brand kita dengan yang mereka kenal, dan jika mereka menemukan brand yang terkenal ini dapat dipercaya, maka kemungkinan besar mereka juga akan memikirkan hal yang sama tentang brand kita. Misalnya, jika seseorang melihat brand kita dalam kemitraan dengan Samsung, maka orang itu akan merasa lebih nyaman untuk membeli dari kita. Jadi pada akhirnya adalah ketika mereka memikirkan Samsung, akan terlintas di otak mereka untuk memikirkan brand kita juga. Asosiasi ini akan membantu kita untuk meningkatkan brand awareness. 

Tetapi jangan hanya melakukan kemitraan dengan perusahaan-perusahaan besar saja, namun bermitralah dengan perusahaan kecil juga yang terkadang mereka memiliki akses ke orang-orang yang belum mengetahui tentang kita. Hal yang terpenting adalah kita harus memastikan untuk memilih rekan yang tepat yakni brand yang menawarkan produk atau layanan pelengkap bagi kita atau brand yang menawarkan sesuatu yang tidak kita miliki.

  1. Manfaatkan pemasaran influencer sebaik-baiknya

Pada tahun 2020 saat ini, pemasaran influencer sangat diminati. Terutama jika brand kita ditargetkan untuk usia yang lebih muda. Jika ingin meningkatkan brand awareness kita bisa bermitra dengan influencer yang memiliki pengikut banyak.

  1. Memanfaatkan Content Marketing 

Strategi pemasaran seperti iklan berbayar dapat memberi tahu orang-orang tentang brand kita dan apa yang kita jual, tetapi content marketing menunjukkan apa yang direpresentasikan oleh brand kita dan kualitas yang membuatnya unik. Content marketing berisi tentang informasi yang bermanfaat mengenai brand kita. Ketika konten yang dibuat menarik dan bermanfaat maka orang lain akan terus mencarinya, mereka akan mulai menjadi follower, subscriber, kemudian akan menjadi customer. 

  1. Mengoptimalkan SEO 

Targetkan kata kunci (keyword) yang tepat. Kata kunci (keyword) juga salah satu elemen SEO yang dapat meningkatkan brand awareness. Dengan menargetkan kata kunci (keyword) yang tepat pada suatu halaman website akan membantu website mudah ditemukan dan mendapatkan posisi yang baik pada mesin pencarian dan visitor akan mempercayai bisnis kita. 

Selain itu, menyediakan konten dan blog website juga merupakan cara  yang bisa membantu meningkatkan brand awareness melalui SEO. Konten yang berkualitas akan mempermudah kita untuk melakukan optimalisasi. SEO dan menaikkan rating website pada mesin pencarian. Setelah melakukan optimalisasi SEO ada baiknya kita mengevaluasi kinerja SEO secara bertahap agar kinerja SEO pada website dapat terus berjalan optimal dan trafiknya terus meningkat.

  1. Be aware of what is going around you

Tidak hanya brand awareness saja yang harus diperhatikan tetapi marketing team’s awareness juga harus kita perhatikan. Mereka harus paham tentang apa yang terjadi di industri kita, apa yang diinginkan audiens target kita, dan bagaimana cara kita untuk bisa membantu mereka.

Menyadari apa yang terjadi di sekitar kita tidak hanya harus sesuai audiens target (meskipun mereka yang paling penting), tetapi juga tren pemasaran. Contohnya konten video, konsumsi video online telah meningkat secara global selama beberapa tahun terakhir, dengan harapan waktu menonton 100 menit per hari pada tahun 2021. Mengingat 83% marketer sudah percaya bahwa konten video menjadi semakin penting dalam mengembangkan bisnis.

  1. Go offline

Memang penting meningkatkan brand awareness dengan menggunakan platform sosial media, namun kita juga tidak bisa meremehkan pemasaran brand secara offline. Menyelenggarakan konferensi untuk pemasar digital setiap tahun, berbicara di depan publik untuk memasarkan produk,  mensponsori serta menghadiri konferensi industri lain tidak hanya dapat membantu meningkatkan brand awareness namun juga kita mendapatkan kepercayaan dan menjangkau audiens yang spesifik mengenai pemasaran kita.

Leave a Comment