Membaca buku tidak hanya membuatmu menambah wawasan saja, namun juga bisa membantu untuk mengembangkan diri. Banyak buku-buku tentang personal development yang bisa kamu baca di waktu luang sehingga kamu tidak hanya memiliki tambahan wawasan namun juga membantu dirimu untuk selalu berpikir positif dan merubah diri. Berikut 3 rekomendasi buku tentang personal development yang bisa kamu baca dan dapat dengan mudah kamu temukan di toko buku!

3 Rekomendasi Buku Personal Development

How to Win Friends and Influence People

Buku karya Dale Carnegie yang diterbitkan pada tahun 1936 ini meskipun buku lama namun masih banyak diminati sampai sekarang. Buku ini disajikan secara simple dan dilengkapi dengan ilustrasi yang inspiratif serta banyak memberikan kontribusi yang signifikan untuk proses pengembangan relasi antar sesama. Dale Carnegie banyak memberikan pelajaran untuk kita dalam membangun hubungan antar sesama seperti menghindari sikap mengkritik dan berkomentar negatif. Dalam hubungan kerja ada baiknya menghindari sikap ini karena akan menimbulkan hubungan menjadi renggang dan tidak produktif, Lebih baik memberikan apresiasi tulus pada hasil kerjanya sehingga mereka menjadi lebih termotivasi.

Kemudian Dale juga menuliskan bahwa jika kita ingin disukai dalam pergaulan atau kelompok kita harus menjadi pendengar yang baik. Dengarkan dengan seksama dan penuh empati ketika mereka bercerita atau mengeluarkan pendapat, sehingga orang akan menganggap kita pribadi yang mengasyikkan dan selalu responsif dengan cerita mereka. Untuk meningkatkan networking skill kita juga harus pandai mengajak lawan bicara bercerita dengan obrolan yang menarik dan bermanfaat bagi mereka.   

The 7 Habits of Highly Effective People

Buku karangan Stephen R. Covey ini terbit pada tahun 1989. Buku ini menjelaskan tentang  7 kebiasaan orang yang berefektivitas tinggi yaitu Be Proactive, Begin with the End in Mind, Put First Things First, Think Win/Win, Seek First to Understand Then to be Understood, Synergise dan Sharpen the Saw. Dari buku The 7 Habits of Highly Effective People ini kita bisa mendapat 3 pelajaran penting yakni, bagaimana melakukan funeral test, bagaimana mengatakan “tidak” pada suatu hal, dan bagaimana menjadi pendengar yang baik.

Pada buku ini terdapat 3 pertanyaan yang harus dijawab oleh diri sendiri dalam funeral test, yaitu apa yang kita ingin orang-orang katakan mengenai kita di pemakaman nanti, kita nantinya akan dikenang sebagai orang seperti apa setelah meninggal, dan  untuk hal apa kita akan dikenang nanti.

Stephen R. Covey mengajarkan kita bagaimana untuk mengatakan “tidak” pada suatu hal terutama mengenai uang yang sering membuat kita terlena. Kemudian kita juga harus bisa berlatih menjadi pendengar yang baik. Terdapat 3 langkah untuk menjadi pendengar yang baik dalam buku ini, yaitu pertama kita harus mendengar terlebih dahulu apa yang dikatakan oleh lawan bicara untuk memahami ceritanya, kemudian ulangi lagi cerita mereka untuk memastikan kita dapat memahaminya, dan yang terakhir kita membantu menyelesaikan masalahnya. Jadi kita harus mendengarkan untuk memahami bukan mendengarkan untuk memberikan saran atau respon kepada mereka. 

The Power of Habits

Buku yang diterbitkan pada tahun 2012 karya Charles Duhigg ini menjelaskan bagaimana habits atau kebiasaan dapat diatur sesuai dengan kondisinya, entah itu dalam individu, kelompok, atau dalam sebuah komunitas. Satu perubahan kebiasaan dapat mengubah hidup seseorang secara keseluruhan. Charles juga mengajarkan bahwa kebiasaan buruk bisa dihilangkan dengan cara mengganti rutinitas buruk tersebut dengan rutinitas yang baik dan kita harus mempunyai rasa percaya pada diri sendiri bahwa kita mampu mengubah kebiasaan tersebut. Di akhir chapter, Charles juga menjelaskan langkah-langkah merubah kebiasaan sesuai dengan cue, routine, dan rewards.

Nah itulah beberapa rekomendasi buku tentang personal development yang wajib kamu baca untuk membantu mengembangkan diri. Selamat membaca!

Leave a Comment