Content Marketing

Di era teknologi yang sudah maju saat ini membuat strategi yang digunakan dalam pemasaran bisnis mengalami perubahan. Pemasaran bisnis saat ini sudah banyak yang menggunakan teknologi atau secara digital karena dianggap lebih efisien. Mengapa demikian?

Pemasaran digital dianggap lebih efisien karena lebih cepat menarik konsumen, hasil dari kegiatan pemasaran dapat diketahui, dan jangkauannya menjadi lebih luas. Salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan saat ini adalah content marketing.

Content marketing adalah strategi pemasaran yang merencanakan, membuat dan membagikan konten yang mampu menarik dan mempertahankan minat audiens sehingga dapat mendorong mereka untuk menjadi customer. Media yang digunakan biasanya adalah blog, website, Instagram, dan berbagai macam sosial media lainnya. Strategi ini memberikan tempat untuk brand menghasilkan berbagai konten menarik yang dapat menjangkau target pasar yang beragam dibandingkan dengan strategi konvensional yang masih menggunakan iklan, banner, dll.

Strategi Content marketing dapat memasarkan suatu produk dengan jangka waktu yang lama. Ketika konten yang dibuat menarik dan bermanfaat maka orang lain akan terus mencarinya, mereka akan mulai menjadi follower, subscriber, kemudian akan menjadi customer. Terkadang juga mereka akan membantu menyebarkan bisnis atau produk kita ke orang lain sehingga akan semakin banyak orang yang akan mengenal dan mengetahui bisnis kita. Berbeda dengan strategi model lama yang masih menggunakan iklan untuk memasarkan bisnisnya, strategi ini hanya berjangka waktu pendek karena ketika iklan sudah tidak lagi dipasang maka pembeli atau customer juga akan berhenti untuk mencari bisnis atau produk kita. 

Efektivitas Content marketing begitu berbeda dengan model pemasaran konvensional. Strategi pemasaran konvensional menggunakan iklan yang mempromosikan produk dengan harapan ketika orang melihat iklan tersebut dapat langsung membeli produknya. Namun saat ini orang-orang sudah mulai tidak tertarik dengan iklan semacam ini, maka dari itu content marketing menyajikan pemasaran yang berbeda. Content marketing menyajikan iklan juga, namun iklan yang dipromosikan berupa konten yang bermanfaat dan juga dapat diakses secara gratis. 

Dikutip dari OneStop 2015, secara statistik, content marketing dapat meningkatkan konversi dan penjualan sebesar 6 kali lipat. Menurut sebuah studi oleh Aberdeen Group, rata-rata conversion rate sebuah website yang mengaplikasikan content marketing adalah 2,9%, sementara website yang tidak menggunakan content marketing hanya mendapat rata-rata conversion rate sebesar 0,5% saja. Maka dari itu, content marketing dianggap strategi marketing yang harus dilakukan karena dengan konten kita bisa meningkatkan komunikasi antara produk dengan customer.

Bentuk dari content marketing sendiri bermacam-macam. Contohnya yaitu :

  1. Blog

Blog merupakan platform yang sering digunakan untuk content marketing, karena konten pada blog memiliki investasi jangka panjang. Menurut penelitian dari Social Media Online Class, konten blog dapat bertahan hingga dua tahun lamanya. Blog dapat membantu kita untuk menuangkan ide dan informasi secara lengkap dalam satu artikel yang terdiri dari 1000-2000 kata.

  1. Email

Email termasuk bentuk konten yang cukup populer. Efektivitas dari email dalam bidang marketing lebih besar 40% dari Twitter dan Facebook. Berbagai macam bentuk email marketing yaitu ebooks, email promosi, dan newsletter.

  1. Video

Konten dari video cukup efektif digunakan karena dapat dibagikan ke seluruh sosial media dan situs web. Melalui konten video kita bisa secara langsung mengenalkan bisnis atau produk, cara menggunakannya, serta menampilkan testimonial pelanggan. 

  1. Infographics

Infographics merupakan format konten yang bagus untuk digunakan jika ingin menampilkan konten berupa data yang dijelaskan dengan cara yang jelas dan mudah dimengerti.

Selain contoh diatas, masih banyak bentuk-bentuk dari content marketing seperti podcast, template, external content, dan social media. Maka dari itu, content marketing saat ini sangat penting untuk diterapkan oleh setiap pebisnis karena dapat membantu mendongkrak penjualan dan menarik konsumen secara cepat, selain itu juga tidak banyak mengeluarkan biaya yang besar sehingga strategi ini patut untuk digunakan.

Leave a Comment