Kembangkan Diri Melalui 5 Website Pembelajaran Online

Mengenal diri sendiri sebenarnya tidaklah mudah. Di saat kamu mulai mengenal karakter dirimu, tentu akan mudah mengidentifikasi cara mengembangkan diri dan kemampuan yang kamu punya. Secara otomatis, kamu juga akan mengetahui kegiatan apa saja yang cocok untuk mengembangkan diri baik secara fisik, mental, finansial, dan hubungan dengan orang-orang terdekat.

Saat ini mengembangkan diri tidak hanya dilakukan lewat lembaga atau akademi formal maupun non formal, namun sekarang kamu bisa lakukan self development via online yakni melalui website e-learning. Banyak situs web yang menyediakan tips dan sumber daya pengembangan diri, sehingga kamu akan mudah mencapai kinerja terbaik dan menjadi seorang profesional. Berikut 5 website yang bisa membantu kamu untuk kembangkan diri:

  1. SkillsYouNeed

Didirikan pada Juli 2011, SkillsYouNeed adalah layanan web baru dan berkembang yang berbasis di Wales, bagian pedesaan Inggris. SkillsYouNeed memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam bidang pendidikan, baik tatap muka atau melalui pembelajaran jarak jauh. Website ini dapat mengetahui keterampilan yang dibutuhkan pengguna untuk membantu meningkatkan kehidupan masyarakat, baik secara profesional maupun pribadi. 

Konten dari website ini tidak hanya digunakan oleh perorangan tetapi juga oleh sekolah, perguruan tinggi, universitas dan organisasi komersial di seluruh dunia. SkillsYouNeed adalah bagian dari UK Web Archive, yang diarsipkan secara resmi oleh National Library of Wales. Website ini juga memberikan informasi dan sumber daya berkualitas tinggi yang dapat membantu kamu mempelajari dan mengembangkan keterampilan yang kamu butuhkan untuk memaksimalkan kehidupan sehari-hari. 

  1. Duolingo

Duolingo adalah aplikasi belajar bahasa gratis yang diciptakan oleh Luis Von Ahn dan Severin Hacker. Aplikasi ini selain tersedia dalam versi web juga tersedia dalam versi Android, iOS, dan Windows Phone. Pada November 2016, aplikasi ini menyediakan 66 kursus bahasa yang berbeda yakni 23 bahasa; ada 22 kursus lagi yang masih dikembangkan. Sekitar 120 juta pengguna dari seluruh dunia sudah mendaftar di aplikasi ini

Pelajaran yang disajikan Duolingo singkat dan gratis, lebih terasa seperti permainan daripada buku teks, dan semua itu dirancang sedemikian rupa agar proses belajar menjadi lebih mudah. Namun bukan hanya sekedar permainan biasa, tetapi didasarkan pada metodologi yang sudah terbukti mampu dapat mempertahankan ingatan jangka panjang, serta kurikulum sesuai dengan standar internasional. 

Duolingo membantu pengguna menemukan pola-polanya sendiri tanpa perlu fokus pada aturan bahasa. Pendekatan ini disebut dengan “pembelajaran secara implisit” dan sangat cocok untuk mengembangkan pengetahuan dasar yang kuat tentang bahasa dan aturannya.

Namun, instruksi eksplisit juga berguna untuk konsep tertentu sehingga Duolingo menawarkan keduanya. Selain pelajaran, pengguna juga dapat melihat tips dari penjelasan mengenai tata bahasa, pengucapan, dan frasa-frasa.

  1. Udemy

Udemy adalah salah satu platform pembelajaran online yang didirikan untuk membantu orang dewasa dan para profesional untuk bisa belajar dan mengajar secara online. Sejak awal didirikan sampai sekarang pengguna yang bergabung dan belajar di Udemy terus bertambah banyak. Sebagian besar kursus di sini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama untuk pengajaran, walaupun begitu kursus online di Udemy tetap dilengkapi dengan subtitle dalam berbagai bahasa.

Lebih dari 100.000 kursus online yang bisa kamu pelajari di Udemy. Beberapa pelajaran kursus yang ada disini adalah tentang keahlian profesional, dan pelajaran yang lain tentang hobi dan cara mengasahnya. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang juga bergabung dan memperoleh akses kursus yang ada di Udemy untuk membantu para karyawan mereka agar mendapatkan pengetahuan baru dan untuk meningkatkan skill mereka.

  1. Canva

Canva adalah salah satu tools yang dapat kamu gunakan untuk membuat berbagai konten visual untuk konten website atau blog. Dengan Canva, kamu dapat membuat desain gambar dan konten visual yang dapat membantu kontenmu semakin menarik tanpa harus memiliki skill design.

Kamu dapat melakukan ini semua dalam satu website. Canva menyediakan tools untuk mengedit gambar dan mengatur layout. Tidak hanya itu, Canva juga menyajikan banyak template yang bisa kamu gunakan untuk berbagai jenis kebutuhan. Seperti poster, infografis, dan invitation. Aplikasi ini bisa diakses secara gratis atau dapat juga berbayar untuk mendapatkan akses yang lebih banyak.

  1. Lynda.com

Lynda.com adalah platform pembelajaran online terkemuka yang dapat membantu kamu belajar bisnis, perangkat lunak, teknologi, dan keterampilan kreatif lainnya. Melalui langganan individu, perusahaan, akademik, dan pemerintah, pengguna mempunyai akses ke perpustakaan video Lynda.com untuk kursus yang menarik dan bermutu tinggi yang diajarkan oleh para pakar industri yang telah diakui.

Selama 20 tahun, Lynda.com telah banyak membantu para siswa, pemimpin, ahli IT dan desain, manajer proyek atau siapa pun yang berperan dalam mengembangkan keterampilan perangkat lunak, kreatif, dan bisnis. Lynda.com melayani lebih dari 10.000 organisasi dan sekarang termasuk bagian dari LinkedIn. Lynda.com membantu peserta didik secara individu mencapai tujuan pribadi dan profesional, mereka menawarkan keanggotaan kelompok yang fleksibel dan hemat biaya untuk bisnis, sekolah, atau organisasi pemerintah. 

Tertarik untuk mencoba salah satu dari website diatas? Apapun media pembelajaran yang kamu gunakan, kamu harus fokus untuk mempelajarinya agar ilmu yang kamu dapatkan bermanfaat dan berhasil membantu mengembangkan dirimu.

Leave a Comment