Saat ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya mengambil langkah-langkah konkret dalam menanggulangi penyebaran COVID-19 atau yang sering juga kita kenal dengan Virus Corona. Bahkan, per-tanggal 22 Maret 2020, tercatat sudah ada 450 kasus di seluruh Indonesia. Berbagai macam himbauan sudah dilakukan guna mengedukasi masyarakat agar dapat ikut mengurangi potensi terkena virus ini. Lantas, seberbahaya itukah COVID-19 atau Corona ini?

Dikutip dari laman Alodokter, Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Penyakit karena infeksi virus inilah yang disebut atau dikenal dengan istilah COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian. Virus ini pun dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak, dewasa, ataupun lansia.

Saat terinfeksi virus ini, seseorang dapat mengalami gejala flu, seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala hingga gejala penyakit infeksi pernapasan berat (demam tinggi, batuk berdahak, batuk berdarah, sesak nafas, ataupun nyeri di bagian dada). Dari seluruh gejala tersebut, terdapat gejala umum yang paling mudah terlihat dari seseorang yang terpapar Corona, yaitu batuk, demam dengan suhu di atas 38 derajat celcius, dan juga sesak nafas. Secara umum, mereka yang terkena Corona akan mengalami penurunan imun dan mengalami beberapa gejala secara bertahap selama 14 hari.

Dikarenakan virus  ini menyerang imun tubuh, maka sangat penting untuk kamu menjaga Kesehatan dan kebersihan diri. Corona sendiri dapat menyebabkan beberapa komplikasi untuk orang-orang dengan riwayat penyakit tertentu. Adapun komplikasi yang mungkin timbul akibat Corona pada beberapa kasus berat, antara lain:

  • Pneumonia
  • Infeksi sekunder pada organ lain
  • Gagal ginjal
  • Acute cardiac injury
  • Acute respiratory distress syndrome
  • Kematian

Saat ini, Corona telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) sebagai pandemi global yang didasarkan atas meningkatnya jumlah kasus di luar China hingga 13 kali lipat serta banyaknya negara yang terinfeksi. Tercatat 185 negara mengonfirmasi keberadaan kasus Corona di negara masing-masing.

Sebagai bentuk kepedulian, Tim Hana Gemintang bekerjasama dengan beberapa instansi, antara lain, Rumah Sakit Dr. Saiful Anwar, Malang dan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya untuk menyebarkan berbagai himbauan dan juga informasi yang dapat disebarkan oleh siapa saja dan kapan saja. Kamu hanya perlu untuk mendownload infografis ataupun konten himbauan yang telah kami siapkan dan dapat kamu desain sendiri sesuai keinginan.

Berikut link yang dapat kamu akses : bit.ly/campaigncovid19

Leave a Comment