Percaya diri bawaan lahir? Siapa bilang. Sebenarnya rasa percaya diri bisa diasah asalkan kita mau mempelajarinya. Dengan memiliki hal ini, kita akan mudah menentukan tindakan yang harus dilakukan untuk meraih kesuksesan. Meskipun sebenarnya rasa percaya diri itu muncul dari kombinasi pola asuh dan proses perkembangan, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hal ini:

  • Berhenti membandingkan diri dengan orang lain.

Peneliti menemukan bahwa orang yang membandingkan kehidupannya dengan orang lain rentan akan rasa iri. Semakin merasa iri, semakin ia merasa tidak percaya diri. Jika kamu berada pada tahap ini, ingatlah bahwa hal ini tidak akan membawa keuntungan melainkan merugikan dirimu sendiri.

  • Lakukan Self-care. 

Sadar atau tidak sadar saat kita tidak memperhatikan kondisi tubuh, hal ini juga berpengaruh pada kepercayaan diri kita. Hidup sehat merupakan salah satu caranya. Istirahat yang cukup, makan sehat, dan berolahraga dengan rutin contohnya. Ketika kamu merasa badanmu dalam fase terbaik maka kepercayaan dirimu juga akan meningkat.

  • Lakukan Self-compassion.

Self-compassion merupakan cara kita memperlakukan diri kita sendiri dengan penuh kebaikan. Ketika kita membuat kesalahan atau gagal, menjelek-jelekkan diri tidak akan memotivasi alih-alih membuat kita rendah diri. Berpikirlah bahwa kesalahan itu merupakan hal normal dan berhentilah menyalahkan diri sendiri. 

  • Nikmati fase ‘keraguan’.

Terkadang kita menunda sesuatu karena belum yakin dengan hasilnya. Contohnya ketika kita menjawab pertanyaan dalam sebuah diskusi. Banyak dari kita yang ragu karena sibuk dengan pikiran diri sendiri

  • Lakukan eksperimen. 

Cobalah untuk melakukan hal yang kamu rasa tidak bisa kamu lakukan dan anggap saja itu adalah sebuah eksperimen. Contohnya ketika kamu adalah orang yang pemalu coba saja tiba-tiba mengajak bicara orang yang tidak kamu kenal dan jangan pikirkan hasilnya. Awalnya mungkin terasa aneh dan canggung, namun dengan ini kamu akan belajar bahwa melakukan beberapa kesalahan tidak seburuk itu dan dengan semakin dicoba kamu akan semakin percaya diri.

Itu merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mendorong rasa kepercayaan diri. Hal ini sudah tertanam sejak kita kecil, beberapa orang hanya perlu mengasahnya lebih jauh. 

“Believe you can and you’re halfway there – Theodore Roosevelt”

Leave a Comment